24 April 2024

KBS Diserbu 88 Ribu Pengunjung Sepanjang Libur Lebaran 2024

KEBUN Binatang Surabaya (KBS) masih menjadi destinasi favorit warga Surabaya maupun wisatawan dari berbagai daerah. Sepanjang libur lebaran 2024, mulai 6-15 April 2024 tercatat 88 ribu wisatawan nusantara dan mancanegara mengunjungi KBS selama libur lebaran.

Kepala Seksi Humas KBS, Lintang Ratri mengatakan para pengunjung terlihat menyerbu KBS sejak 10-15 April 2024. Menurutnya, jumlah wisatawan yang berkunjung mencapai 79 ribu. Pengunjung terbanyak terjadi pada tanggal 14 April dengan jumlah pengunjung lebih dari 19 ribu.

“Pengunjung yang datang ke KBS tahun ini cenderung variatif, karena tidak hanya dari Surabaya Raya. Terpantau dari luar pulau seperti Kalimantan, termasuk pengunjung asal mancanegara juga terdata,” kata Lintang beberapa waktu lalu.

Adapun yang menjadi spot favorit pengunjung ketika berada di KBS adalah lorong cinta, patung komodo, feeding unta, jerapah, gajah, dan beberapa spot satwa seperti merak putih, buaya siam, dan anak singa.


Tak hanya itu, lonjakan pengunjung juga dipengaruhi berbagai special event seperti atraksi yang telah disiapkan KBS. Berbagai special event seperti reog, bantengan “Putra Kaswangga”, dongeng satwa, talk with animals, hingga mendatangkan dua bintang tamu, Irenne Ghea dan Maretha Primadani.

“Sejumlah atraksi mulai ditampilkan pada 10-21 April 2024. Lebih rincinya, pada 11 April ada penampilan reog, kemudian pada 13 April dihadirkan dua special guest star. Untuk 14 April ada kesenian khas Kediri, Bantengan Putra Kaswangga,” jelasnya.

Ia menambahkan, selama periode libur lebaran, setiap harinya pihak KBS bagi-bagi giveaway bagi para pengunjung. “Kami buka mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB dengan harga tiket Rp15.000 per orang,” imbuhnya.

Hal yang ditunggu-tunggu pecinta satwa KBS adalah satwa baru yang sudah bisa di saksikan bersama, yakni sepasang merak putih yang menyambut pengunjung di pintu masuk utama. Terdapat pula di area aquarium terdapat buaya siam.

Anak singa si Bima dan Dona yang lokasinya di belakang kandang beruang tak mau ketinggalan. Semua satwa dioptimalkan guna menyapa para pengunjung untuk bisa melihat lebih dekat.

“Yang spesial, kami menghadirkan dua satwa baru yang bisa disaksikan pengunjung, di antaranya sepasang merak putih dan buaya siam. Alhamdulilah banyak pengunjung yang melihat satwa tersebut,” tuturnya.


Dalam kegiatan talk with animal, KBS menambahkan beberapa satwa seperti yang paling menarik minat wisatawan adalah orang utan, kuda nil, serta burung pelikan. Program ini tidak monoton dan selalu berubah setiap harinya.

“Selalu diubah konsepnya dan tidak ada pengulangan lagi. Harapan kami agar pengunjung tidak bosan. Seperti dongeng satwa, pengunjung sangat antusias, makanya kami menyediakan dongeng satwa,” ujar dia.

Dalam memperingati hari Kartini pada 21 April, pengunjung KBS yang menggunakan baju Kartini berhak mendapatkan doorprize sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Acara kami berakhir 21 April, dan saat itu, ada beberapa kejutan untuk pengunjung yang masuk KBS, utamanya yang memakai busana Kartini. Kami bersyukur di libur lebaran tahun 2024 emuanya berjalan lancar,” pungkasnya. 

Bagikan edisi ini